Unpak dan UII Teken Kerja Sama untuk Percepatan Transformasi Digital Kampus
"Kerja sama Unpak dan UII ini kolaborasi antar perguruan tinggi dalam memajukan kualitas layanan akademik."
"Kerja sama Unpak dan UII ini kolaborasi antar perguruan tinggi dalam memajukan kualitas layanan akademik."




UNPAK ― Universitas Pakuan (Unpak) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta resmi mengukuhkan kerja sama dalam rangka Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge (Alih Pengetahuan), berfokus pada upaya percepatan transformasi digital di lingkungan kampus.
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Desember 2025. Kesepakatan yang tertuang dalam PKS, memprioritaskan alih pengetahuan dan strategi pengembangan sistem informasi yang krusial untuk digitalisasi pendidikan tinggi.
PKS ini ditandatangani oleh perwakilan dari kedua institusi yaitu oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi (BPSI) Unpak, Dr. Aries Maesya, M.Kom., dan Kepala Badan Sistem Informasi (BSI), UII Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Langkah tersebut menjadi fondasi penting bagi Unpak dalam mencapai standar internasional dan bergerak menuju status World Class University (WCU).
Baca juga:
Sukses! Universitas Pakuan Running Festival 5K Tahun 2025 Berlangsung Meriah
Fokus utama dari kerja sama ini adalah Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge, memastikan bahwa praktik terbaik dalam pengelolaan sistem informasi dapat diadopsi dan diimplementasikan secara efektif oleh kedua universitas.
Kesepakatan ini merupakan fokus utama dari rangkaian kegiatan sebelumnya, di mana tim Unpak telah mengadakan Knowledge Sharing Study Visit for Campus Digital Transformation ke UII.
Kunjungan studi intensif ini berlangsung selama tiga hari, dari 1 hingga 3 Desember 2025, di Yogyakarta, menjadi platform penting untuk berbagi wawasan mengenai implementasi sistem dan teknologi digital kampus.
Kerja sama Unpak dan UII ini diharapkan dapat menjadi model kolaborasi antar perguruan tinggi dalam upaya kolektif memajukan kualitas layanan akademik dan administrasi melalui digitalisasi.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP), Dr. Hasrul, S.E., M.M. dan seluruh staf BPSI.
UNPAK ― Universitas Pakuan (Unpak) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta resmi mengukuhkan kerja sama dalam rangka Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge (Alih Pengetahuan), berfokus pada upaya percepatan transformasi digital di lingkungan kampus.
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Desember 2025. Kesepakatan yang tertuang dalam PKS, memprioritaskan alih pengetahuan dan strategi pengembangan sistem informasi yang krusial untuk digitalisasi pendidikan tinggi.
PKS ini ditandatangani oleh perwakilan dari kedua institusi yaitu oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi (BPSI) Unpak, Dr. Aries Maesya, M.Kom., dan Kepala Badan Sistem Informasi (BSI), UII Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Langkah tersebut menjadi fondasi penting bagi Unpak dalam mencapai standar internasional dan bergerak menuju status World Class University (WCU).
Baca juga:
Sukses! Universitas Pakuan Running Festival 5K Tahun 2025 Berlangsung Meriah
Fokus utama dari kerja sama ini adalah Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge, memastikan bahwa praktik terbaik dalam pengelolaan sistem informasi dapat diadopsi dan diimplementasikan secara efektif oleh kedua universitas.
Kesepakatan ini merupakan fokus utama dari rangkaian kegiatan sebelumnya, di mana tim Unpak telah mengadakan Knowledge Sharing Study Visit for Campus Digital Transformation ke UII.
Kunjungan studi intensif ini berlangsung selama tiga hari, dari 1 hingga 3 Desember 2025, di Yogyakarta, menjadi platform penting untuk berbagi wawasan mengenai implementasi sistem dan teknologi digital kampus.
Kerja sama Unpak dan UII ini diharapkan dapat menjadi model kolaborasi antar perguruan tinggi dalam upaya kolektif memajukan kualitas layanan akademik dan administrasi melalui digitalisasi.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP), Dr. Hasrul, S.E., M.M. dan seluruh staf BPSI.
UNPAK ― Universitas Pakuan (Unpak) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta resmi mengukuhkan kerja sama dalam rangka Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge (Alih Pengetahuan), berfokus pada upaya percepatan transformasi digital di lingkungan kampus.
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Desember 2025. Kesepakatan yang tertuang dalam PKS, memprioritaskan alih pengetahuan dan strategi pengembangan sistem informasi yang krusial untuk digitalisasi pendidikan tinggi.
PKS ini ditandatangani oleh perwakilan dari kedua institusi yaitu oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi (BPSI) Unpak, Dr. Aries Maesya, M.Kom., dan Kepala Badan Sistem Informasi (BSI), UII Mukhammad Andri Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
Langkah tersebut menjadi fondasi penting bagi Unpak dalam mencapai standar internasional dan bergerak menuju status World Class University (WCU).
Baca juga:
Sukses! Universitas Pakuan Running Festival 5K Tahun 2025 Berlangsung Meriah
Fokus utama dari kerja sama ini adalah Pengembangan Kelembagaan dan Transfer Knowledge, memastikan bahwa praktik terbaik dalam pengelolaan sistem informasi dapat diadopsi dan diimplementasikan secara efektif oleh kedua universitas.
Kesepakatan ini merupakan fokus utama dari rangkaian kegiatan sebelumnya, di mana tim Unpak telah mengadakan Knowledge Sharing Study Visit for Campus Digital Transformation ke UII.
Kunjungan studi intensif ini berlangsung selama tiga hari, dari 1 hingga 3 Desember 2025, di Yogyakarta, menjadi platform penting untuk berbagi wawasan mengenai implementasi sistem dan teknologi digital kampus.
Kerja sama Unpak dan UII ini diharapkan dapat menjadi model kolaborasi antar perguruan tinggi dalam upaya kolektif memajukan kualitas layanan akademik dan administrasi melalui digitalisasi.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP), Dr. Hasrul, S.E., M.M. dan seluruh staf BPSI.









