Khazanah Ramadhan

Sucikan Hati, Sucikan Pikiran

Ketika Teknologi semakin Maju tapi Kebodohan Menyebar Luas

KHAZANAH ISLAM - Kemajuan teknologi semakin mempermudah kita untuk melakukan komunikasi. Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari banyak negara. Selain itu, kita juga bisa mengakses berbagai informasi agar menambah pengetahuan. Apalagi dengan adanya smartphone seperti sekarang ini, kita semakin dipermudah saja.

Namun, dengan segala kemudahan yang ada, kebanyakan orang terlalu disibukkan dengan berbagai persoalan duniawi yang tidak bermanfaat. Yang pada akhirnya menimbulkan kebodohan beragama pada diri mereka.

Sesungguhnya, situasi seperti ini merupakan salah satu ciri akhir zaman. Ketika manusia terlalu sibuk dengan dunia dan melupakan menuntut ilmu akhirat. Padahal, Allah SWT telah memerintahkan Nabi-Nya untuk menuntut ilmu.

Allah SWT berfirman, “Dan katakanlah, ‘Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan’.” (QS. Thaha: 114). Rasulullah SAW pun selalu belajar dan mengajar orang lain.

Beliau juga mencela kebodohan. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT murka kepada setiap ja’zhari (orang yang berwatak keras), jawwazh (banyak makan), Sakhab (suka berteriak-teriak) di pasar, yang menjadi bangkai pada malam hari, menjadi keledai pada siang hari, pintar dalam urusan dunia, namun bodoh dalam urusan akhirat.”

Beliau juga telah mewartakan, bahwa salah satu tanda Hari Kiamat adalah menyebarnya kebodohan. Beliau bersabda, “Sesungguhnya, sebelum Hari Kiamat, akan ada hari-hari yang ketika ilmu diangkat dan kebodohan diturunkan.”

Dalam riwayat lain disebutkan, ”Sesungguhnya, sebelum Kiamat akan ada hari-hari yang pada saat itu ilmu diangkat dan kebodohan menyebar luas.”

Riwayat lain mengatakan, “Akan tiba satu masa bagi umat manusia, yang ketika itu orang tidak tahu apa itu shalat, apa itu puasa, dan apa itu zakat.”

Ada juga riwayat yang menyatakan, “Sesungguhnya, sebelum Hari Kiamat terjadi, kebodohan akan muncul.”

Jika kita amati keadaan masyarakat di sebagian besar negeri Islam saat ini, akan kita dapati bahwa mereka hanya mengetahui apa yang berhubungan dengan kehidupan dan kepentingan mereka semata.

Ada yang mengetahui bagaimana cara mengoperasikan komputer, telepon genggam, mobil, dan lain sebagainya. Namun, ketika mereka ditanya apa arti firman Allah “Allahushshamad”, apa arti ayat “Ghaasiqin idza wa qab”, kapan sujud sahwi dilakukan; setelah salam ataukah sebelum salam, niscaya kita jumpai mereka tak tahu apa-apa mengenai persoalan-persoalan agama seperti itu. Itulah kebodohan yang sudah menyebar.

Hadits of The Day

Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa."

(HR. Ibnu Majah No. 4096)

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus