Khazanah Ramadhan

Sucikan Hati, Sucikan Pikiran

Berapa Banyak Rasulullah Menggunakan Air untuk Berwudhu?

KHAZANAH ISLAM – Wudhu adalah syarat sah shalat. Wudhu harus dilakukan sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Salah satu yang harus diperhatikan ketika wudhu adalah jumlah air yang digunakan.

Syekh Khalid Al-Jundi menjelaskan mengenai berapa banyak air yang digunakan Nabi Muhammad ﷺ untuk berwudhu.

Dijelaskan Al-Jundi, bahwa Rasulullah ﷺ biasa berwudhu dengan takaran satu mud air. Untuk mandi, Nabi ﷺ biasa menggunakan takaran air sebanyak satu sha’ atau empat mud. Ini didasarkan pada riwayat Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

Sedangkan Imam Abu Hanifah menganggap bahwa yang dimaksud satu sha’ adalah enam mud.

Banyaknya air wudhu yang digunakan Rasulullah ﷺ, setara dengan 600 mililiter air (tidak lebih dari setengah botol air mineral ukuran terbesar 1.500 ml).

Mungkin banyaknya air wudhu yang digunakan Nabi ﷺ ini berbeda dengan kebiasaan kita yang berwudhu dengan segalon air.

Bahkan tak sedikit dari kita yang berwudhu sampai 30 mud. Jika ini yang dilakukan, berarti kita melanggar sunnah Nabi ﷺ dalam berwudhu.

Pada akhirnya, umat Muslim akan menghadapi masalah pasokan air karena sikap boros yang kita lakukan sendiri saat berwudhu.

“Jangan buang-buang air meskipun dari sungai yang mengalir. Kita ini sering kali menggunakan air sepuasnya untuk berwudhu. Dan kita juga mengonsumsi air untuk diminum, sikat gigi, dan mencukur jenggot,” kata Syekh Al-Jundi.

Hadits of The Day

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat shalat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam (yang mendatangi kalian).

Lalu, Allah bertanya kepada mereka (dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka): "Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian meninggalkannya?"

Mereka (malaikat) menjawab: "Kami meninggalkan mereka sedang shalat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang shalat."

(HR. Nasa'i No. 481)

*Sumber: islampos.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus