COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

Jadi Titik Lengah Penularan COVID-19, Ini 6 Tips Aman Makan di Luar

Momen makan di luar bisa jadi titik lengah penularan COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO)

JAKARTA –  Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) mencatat bahwa tidak ada bukti yang mendukung adanya potensi penularan COVID-19 melalui makanan. Namun tidak berarti seseorang aman dari paparan virus Corona saat makan. Terlebih saat makan di luar rumah, dan di tempat yang ramai seperti mal atau restoran.

Namun ada kalanya, kebutuhan untuk makan di luar rumah sulit untuk dihindarkan. Misalnya saat sedang ada keperluan, terlalu sibuk, atau sedang tidak memungkinkan untuk pulang dan makan di rumah.

Ada beberapa kebiasaan saat makan yang sebaiknya dihindari selama pandemi. Hal itu berkaitan dengan pencegahan penularan virus Corona.

Dikutip dari Eat This berikut adalah tips aman menghindari penularan COVID-19 saat makan.

1. Hindari makan dengan santai

Saat makan di restoran, sebaiknya menghindari duduk terlalu lama atau terlalu santai. Semakin lama kamu berada di sekitar orang-orang yang tidak menggunakan masker, semakin lama waktu terpapar, maka semakin banyak virus yang mungkin terhirup yang dapat menginfeksi tubuh. Jika seseorang terpapar virus dari orang yang terinfeksi dalam jarak dekat selama 15 menit, maka risiko tertular COVID-19 lebih tinggi.

2. Hindari pergi ke restoran pada jam sibuk

Saat pandemi seperti sekarang, hindari pergi ke restoran pada jam sibuk. Hal itu akan meningkatkan kemungkinan kamu berkontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Hindari pergi ke restoran pada waktu siang maupun malam hari di mana menjadi waktu tersibuk.

3. Jangan lupakan protokol kesehatan

Meskipun tidak makan di restoran, masih ada beberapa risiko penularan COVID-19, salah satunya saat memesan makanan untuk dibawa pulang atau delivery. Namun, mengikuti protokol kesehatan yang tepat akan menurunkan risikonya secara signifikan.

Saat memesan makanan delivery, minta pengirim untuk meninggalkan makanan di luar rumah pada tempat yang aman, seperti teras. Sedangkan saat memesan makanan untuk dibawa pulang, jaga jarak setidaknya satu meter, serta cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

4. Jangan lupakan masker saat makan di luar

Saat makan masker memang perlu dilepaskan, tetapi saat sedang tidak makan tetap gunakan masker. Mengingat biasanya saat makan bersama teman, akan ada waktu untuk mengobrol, dan itu yang dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19 melalui percikan air liur yang sudah terinfeksi.

5. Hindari menggunakan wadah yang sama

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat memesan makanan. Ini termasuk memindahkan makanan ke piring bersih dengan menggunakan peralatan yang bersih, dan mencuci tangan sebelum makan.

6. Jangan lupa pastikan kebersihan buah dan sayur

Saat ini, belum ada bukti penularan COVID-19 yang terkait dengan makanan. Namun, ada beberapa bukti bahwa mungkin saja penularannya terjadi saat seseorang menyentuh permukaan atau benda seperti makanan yang terdapat virus, lalu menyentuh wajah. Meski begitu, ini bukan cara utama penyebaran virus Corona.

"Risiko terbesar tertular virus dari makanan adalah jika Anda menyentuh makanan yang telah terpapar dan kemudian menyentuh wajah Anda," kata spesialis penyakit menular Mayo Clinic dr Abinash Virk.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko penularannya adalah dengan mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya. Siram buah dan sayur di bawah air, gosok produk yang memiliki kulit kasar atau kulit tebal dengan sikat, dan mencuci tangan dengan baik dengan sabun dan air setelah pulang dari toko bahan makanan.

Sumber: health.detik.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Seputar COVID-19

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus