COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

Ini Beda Tenggorokan Gatal karena Corona (Covid-19) dan Sakit Biasa

Foto: Infografis/Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona!/Arie Pratama

JAKARTA – Gejala penyakit Covid-19 acap kali sama seperti gejala penyakit biasa. Kini sakit tenggorokan juga menjadi salah satu gejala terjangkit virus corona, dibarengi dengan demam, batuk, hingga kehilangan indra penciuman dan perasa.

Lalu bagaimana membedakan sakit tenggorokan karena corona dan tenggorokan gatal biasa?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat menjelaskan, sakit tenggorokan cukup umum dikeluhkan para pasien Covid-19. Namun, tak semua keluhan sakit tenggorokan bisa menandai adanya infeksi Covid-19.

Sakit tenggorokan yang disertai dengan rasa sakit, kering, dan gatal di tenggorokan juga bisa dipicu dengan berbagai kondisi medis, termasuk infeksi hingga faktor lingkungan.

Namun jika tenggorokan gatal datang bersamaan dengan beberapa gejala Covid-19 umum lainnya, seperti demam, batuk, kelelahan, serta kehilangan indra penciuman dan perasa, bisa jadi orang tersebut terjangkit virus SARS-CoV-2.

Sakit tenggorokan pada pasien Covid-19 terjadi saat virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan, kondisi ini menyebabkan pembengkakan di daerah tenggorokan sehingga menyebabkan sakit.

Tetapi jika hanya mengeluhkan rasa nyeri pada tenggorokan, kemungkinan hanya mengidap radang tenggorokan biasa, bukan karena terpapar Covid-19.

Jika tenggorokan tiba-tiba sakit, bukan berarti terpapar corona. Maka sangat dianjurkan untuk menjalani tes untuk bisa mengetahui sebab munculnya sakit di tenggorokan.

Sementara keluhan sakit tenggorokan juga terbagi ke tiga bagian, yakni berdasarkan masing-masing bagian tenggorokan yang terinfeksi, sebagaimana dikutip dari Times of India.

- Faringitis yang mempengaruhi area tepat di belakang mulut.
- Tonsillitis, yakni pembengkakan dan kemerahan pada amandel.
- Laringitis, pembengkakan yang terjadi di kotak suara atau disebut juga laring.

Rasa sakit atau pegal yang muncul pada pasien yang terinfeksi virus disebut faringitis, kondisi ini juga dikeluhkan pada kasus flu biasa. Meski keduanya mirip, tetap saja pasien corona lebih banyak mengeluhkan gejala Covid-19 umum lainnya. Sebab sejauh ini, tenggorokan gatal tak umum dikeluhkan para pasien positif corona.

Sumber: cnbcindonesia.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Seputar COVID-19

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus