COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

Dinyatakan Sembuh Tapi PCR Positif, Masih Bisa Menularkan Corona?

Tes Corona (Foto: Rifkianto Nugroho)

JAKARTA – Tak jarang pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 ternyata masih menunjukkan hasil positif dalam tes PCR. Tes ini biasanya dilakukan secara mandiri untuk memastikan dirinya sudah benar-benar sembuh dari infeksi Corona.

Namun tak perlu khawatir, Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban menegaskan tes PCR positif pada pasien yang sudah dinyatakan sembuh atau selesai isolasi tak lagi menularkan Corona.

"Setelah dinyatakan sembuh, pasien OTG dan bergejala ringan itu tidak akan menularkan virus. Yang penting, mereka telah menjalani karantina atau isolasi mandiri sejak tes PCR konfirmasi positif," tulis Prof Zubairi dalam akun Twitter miliknya, dikutip detikcom, Jumat (19/2/2021).

Hasil tes PCR positif pada orang yang telah dinyatakan sembuh tidak mencerminkan virus Corona yang lengkap. Dengan kata lain, yang terdeteksi pada tes PCR tersebut hanya partikel dari COVID-19 yang tidak lagi menular.Prof Zubairi juga mengatakan sudah ada penelitian yang mengkonfirmasi hal tersebut. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea Selatan mempelajari 285 orang yang sembuh dari COVID-19 namun hasil tes PCR masih positif.

Hasil studi menemukan pasien sembuh yang positif berdasarkan tes PCR tidak ditemukan menyebarkan virus. Hanya saja ketentuan ini berlaku pada pasien bergejala ringan atau OTG.

"Sebab itu masyarakat jangan memberi stigma terhadap OTG dan orang gejala ringan yang dinyatakan sembuh meski tanpa tes usap PCR ulang," pungkasnya.

Sumber: health.detik.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus