PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Workshop dan Validasi Standar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam Rangka Revitalisasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program S1, S2, S3 dan PPG

UnpakSetiap lembaga pendidikan di tuntut untuk memenuhi standar yang telah di tentukan agar pemerataan pendidikan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia tercapai untuk dijadikan bahan rujukan pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan. Atas dasar itu, untuk menyeragamkan mutu pengelolaan pendidikan yang sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan no 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sebanyak 26 Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Barat ikut hadir di Universitas Pakuan untuk mewakili fakultasnya masing-masing yang memiliki prodi Bahasa dan satra Indonesia di acara Workshop dan Validasi Standar Nasional Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia.


Dalam Rangka Revitalisasi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia Program Strata 1, Strata 2, Strata 3 dan Pendidikan Profesi Guru. Ketua panitia Dr.Hj. Eri Sarimanah, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini merupakan rangkaian Asosiasi Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia (APROBSI) secara terus mendapatkan masukan yang berguna untuk menetapkan Standar Nasional secara merata di Indonesia.

Ketua APROBSI Dr.Endry Boeriswati,M.Pd mengungkapkan keinginannya agar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki pemerataan Standar Nasional Pendidikan di Seluruh Perguruan Tinggi di wilayah Negara Hukum Indonesia.

3 tujuan yang dikeluarkan Standar Nasional Pendidikan, meliputi : 

  1. Menjamin tercapainya tujuan pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.
  2. Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  3. Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum NKRI mencapai mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang di tetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan.

Menyikapi hal tersebut, forum program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia telah melakukan pembahasan batasan konten/bagian standar tersebut sebagai studi awal dalam penyusunan standar yang melibatkan semua perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia untuk melakukan revitalisasi; kurikulum, proses pembelajaran, penilaian, tenaga pendidik, dan sarana prasarana sehingga program studi dapat memenuhi standar yang ditetapkan.

Rektor Universitas Pakuan Dr.H.Bibin Rubini memberikan dukungan dalam kegiatan ini dihadapan para undangan yang hadir, yaitu : Ketua APROBSI Dr.Endry Boeriwati,M.Pd, Ketua Penyelenggara Dr.Fathiaty Murthado,M.Pd, Prof.Dr. Achmad HP, Prof.Dr. Sabarti Akhdiah dan nara sumber Prof.Dr. Suherli.M.Pd. Beliau mengatakan agar senantiasa menghasilkan bahan kajian oleh tim APROBSI mutu standar Nasional untuk digunakan oleh Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia yang memiliki Prodi Bahasa dan Satra Indonesia. Sehingga APROBSI merupakan salah satu badan legalitas akreditasi mutu pendidikan nasional untuk prodi Bahasa dan Satra Indonesia.

 

PUTIK ©2014


 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id