PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Seminar Hasil Lesson Study Bacth V Dikti Tahun Ke-3 Semester Genap 2014-2015

Unpak - Pada tahun ke-3 ini FKIP Universitas Pakuan melaksanakan program perluasan pelaksanaan lesson study ke sekolah dan yang menjadi sekolah piloting yaitu SD Negeri Kencana 3 dan SMP Negeri 8 Bogor. Setiap semester setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study selalu menggelar acara seminar hasil lesson study.

Seminar Hasil Lesson Study merupakan ajang mempublikasikan hasil pembelajaran dan penelitian implementasi lesson study yang dilaksanakan oleh para dosen dan para guru di kelas.


Ketua pelaksana lesson study Universitas Pakuan Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. menyampaikan dalam laporannya bahwa pelaksanaan lesson study yang telah berlangsung selama 3 tahun di FKIP Unpak telah mampu meningkatkan keterampilan para dosen dalam merancang pembelajaran (chapter design dan lesson design), melaksanakan pembelajaran dengan melahirkan berbagai temuan model dan strategi pembelajaran yang inovatif, serta meningkatkan kolaborasi, kerjasama sesama tim dosen dalam mewujudkan aktivitas pembelajaran.

Dari komponen mahasiswa, dengan diimplementasikan LS terbukti mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, mereka menjadi kreatif, dan inovatif, terlebih lagi mampu membangun kemandirian belajar. Selama melaksanakan pendampingan lesson study di sekolah piloting para observer melihat kemajuan dan peningkatan keberhasilan pembelajaran dengan ilmplementasi lesson study. Para guru model bergairah dalam mengajar, mereka menjadi terbiasa dalam berkolaborasi, menemukan model pembelajaran inovatif salah satu karya inovatifnya yaitu model LILI GR yang dihasilkan dalam pembelajaran IPA di SMPN 8 Bogor.

Melalui lesson study, FKIP Universitas Pakuan akan terus membangun kemitraan dengan sekolah dalam rangka membangun SLC (School Learning Community).  Sehingga Universitas Pakuan akan menjadi pusat lesson study.

Pada Seminar Hasil Kali ini menampilkan 8 tim pemakalah yang terdiri dari 4 pemakalah dari FKIP Unpak yaitu perwakilan dari Program Study Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Biologi, dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.  Sedangkan dari sekolah piloting 4 tim pemakalah yaitu dari SMP Negeri 8 Bogor terdiri dari tim guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, mata pelajaran Bahasa Inggris, mata pelajaran IPA, dan tim pemakalah dari SD Negeri Kencana 3 Bogor.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Pakuan, dihadiri oleh Tim Pendamping dari UPI Bapak Sumar Hendayana, Ph. D., Dinas Pendidikan Kota Bogor, perwakilan ketua lembaga, perwakilan dosen dari Uhamka, dan Unindra, serta guru-guru dan dosen.

Rektor Universitas Pakuan Dr.H.Bibin Rubini.,M.Pd yang selalu mensupport kegiatan lesson study, mengimbau agar lesson study dilaksanakan di semua fakultas, dan perlusan ke sekolah lebih banyak lagi sekolah pilotingnya. Begitu juga Dekan FKIP berkomitmen agar lesson study pasca tahun ke-3 ini terus dilaksanakan sampai menjadi trade mark pembelajaran.

Share berita : ShareFB ShareTwitter ShareGoogle

LogoputikPUTIK ~ UNPAK


 

Home Back Home

 

 

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id