PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Universitas Pakuan "Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2015"

Written by : B.A on .

Unpak - Tiga panutan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang merupakan tolak ukur suatu keberhasilan dengan prestasi bangsa suatu Negara yaitu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang terkandung didalamnya; Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari  system pendidikan tinggi yang menempatkan mahasiswa di luar lingkungannya agar apa yang telah di capai dalam suasana pendidikan perkuliahannya menjadi kenyataan.


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan untuk tahun ke 3 berperan aktif pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Pos Pemberdayaan keluarga (posdaya) ter-integrasikan dengan Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya, bertujuan untuk membentuk, membina, mengembangkan dan pemberdayaan berbagai kegiatan yang ada pada masyarakat yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

Dalam kesempatan ini Ketua Panitia KKN Pos Daya FKIP Dr.Nedin Badruzzaman, M.Pd bahwa tahun ke 3 ini KKN FKIP Unpak dengan jumlah peserta KKN 755 mahasiswa/i terdiri dari 144 orang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 104 orang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 88 orang Program Studi Pendidikan Biologi, 418 orang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yang akan di damping oleh dosen pembimbing lapangan berjumlah 88 orang.

Kegiatan KKN dimulai dari tanggal 3 Agustus sampai 19 September 2015. Penempatan peserta lokasi KKN :
- Kota Bogor 4 Kecamatan dengan 14 Kelurahan.
- Kabupaten Bogor 16 Kecamatan dengan 31 Desa.
- Kabupaten Sukabumi 6 Kecamatan dengan 41 Desa.
- Kabupaten Cianjur 2 Kecamatan dengan 14 Desa.
* Secara keseluruhan berjumlah 18 Kecamatan dengan 100 Desa/Kelurahan.

Adapun tujuan dari kegiatan KKN ini memberi kesempatan kepada calon-calon sarjana agar dapat melihat dengan nyata apa yang di harapkan oleh masyarakat. Melalui praktek lapangan ini akan menambah nilai-nilai kebangkitan generasi muda untuk selalu menggugah masyarkat yang unggul kuat dalam menghadapi hidup, serta memiliki kreatifitas dan inovasi.

Turut hadir dalam pelaksanaan pelepasan KKN ini, diantaranya : Wakil Rektor III, Dekan FKIP beserta staf dekan, ketua prodi dan dosen pembimbing. Tak lupa ucapan Terima Kasih kepada tamu kehormatan :
- Dr. Bima Arya (Walikota Bogor).
- Dr.HC. Subiakto Tjakrawerdaya (Sekretaris Yayasan Dana Sejahtera Mandiri).
- Perwakilan Perguruan Tinggi di wilayah Bogor (Djuanda, UIKA, Nusa Bangsa dan IPB).
- Perwakilan Daerah Kabupaten Bogor (Sukabumi dan Cianjur).

Walikota Bogor Dr.Bima Arya juga berpendapat bahwa KKN merupakan sesuatu yang memiliki nilai momentum yang luar biasa yang wajib dimanfaatkan bagi mahasiswa selaku pesertanya. Ada perjalanan waktu yang harus dibawa senang dan bermanfaat bagi masyarakat di lokasi KKN tematik ini dari apa yang telah di dapat oleh mahasiswa dalam perkuliahannya. Dalam Program KKN tematik ini, diharapkan mahasiswa bisa mendorong, membantu dan membuka harapan perubahan hidup menuju masyarakat sejahtera. Sehingga masyarakat akan menilai keberadaan mahasiswa dalam program KKN tematiknya.

Mantan Menteri Koperasi Indonesia Kabinet Pembangunan Periode 1993-1998 Dr.HC. Subiakto Tjakrawerdaya mengatakan Kuliah Kerja Nyata tematik ini diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat pedesaan dari tingkat desa sampai nasional. Sehingga bangsa kita akan dapat mengurangi kondisi masyarakat yang masih prasejahtera, sehingga kecerdasan dan produktivitasnya dapat menciptakan hasil yang meningkat, juga bisa bersaing dengan negara lain. Dengan kerja sama yang baik kita mampu meraih hasilnya dalam menghadapi persaingan globalisasi, karena kerja sama merupakan ciri budaya bangsa atau jati diri bangsa Indonesia yang selalu bergotong royong.

Share berita : ShareFB ShareTwitter ShareGoogle

LogoputikPUTIK ~ UNPAK


 

Home Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id