PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Kejuaraan Pencak Silat Universitas Pakuan Cup 2014

Unpak -  Sejak berdiri Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), pada tanggal 18 Mei 1948 sampai saat ini masih terus berkembang dan banyak menghasilkan para pendekar yang tangguh di berbagai kejuaraan Nasional maupun Internasional. Dengan program kerjanya dari Unit Kegiatan Mahasiswa Merpati Putih Universitas Pakuan terus berusaha untuk menghasilkan para pesilat muda tangguh serta memiliki prestasi di masa yang akan datang.

Kehadiran Ketua Koni Cabang Bogor Basuki.,M.Pd yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan unversitas Pakuan Ir.Arif Mudianto., MT beserta tamu undangan Ketua Pps Merpati Putih Cabang Bogor Dedi Tarius, Pembina Pps Merpati Putih Cabang Bogor Deden Resmana, dan Panitia Kejuaraan Pencak Silat Pakuan Cup 2014 antar pelajar tingkat SLTA Se-JABODETABEK dan Sukabumi. Peserta yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 221 atlet.


Dalam sambutannya Ketua Koni Cabang Bogor Basuki.,M.Pd bahwa Pencak Silat merupakan bela diri seni yang memiliki kekuatan kekeluargaan.

Empat aspek utama dalam pencak silat, yaitu:

  1. Aspek Mental Spiritual : Mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati beberapa tahapan, yaitu tahapan : semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.
  2. Aspek Seni Budaya : Budaya dan permainan "seni" pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak silat, dengan musik dan busana tradisional.
  3. Aspek Bela Diri : Kepercayaan dan ketekunan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat.
  4. Aspek Olah Raga : Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olah raga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.

Pemenang kejuaraan Pakuan Cup 2014 :
• Juara 1 : SMA SMART EKSELENSIA
• Juara 2 : SMAN 1 CISARUA
• Juara 3 : SMK 2 TRIPLE J

 



Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id