COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

Satgas COVID-19 Minta Masyarakat Tak Lengah Meski Vaksin Sudah Disiapkan

JAKARTA – Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak lengah terhadap bahaya virus Corona. Hal itu dikatakan Wiku saat membahas soal vaksinasi yang sedang dipersiapkan pemerintah.

"Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan vaksinasi. Namun tetap saya ingatkan masyarakat untuk tidak lengah," kata Wiku dalam jumpa pers yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2021).

Wiku menjelaskan reaksi vaksin lebih efektif jika vaksinasi dilakukan dalam kondisi yang terkendali laju penularan virus Corona-nya. Reaksi vaksin sebaliknya akan terjadi jika vaksinasi dilakukan dalam kondisi laju penularan virus tak terkendali.

"Vaksin akan lebih efektif melindungi masyarakat saat vaksinasi dilakukan pada kondisi yang lebih terkendali, di mana laju penularannya rendah dibanding vaksinasi saat laju penularannya tinggi," tutur Wiku.

Wiku menerangkan peluang untuk terciptanya kekebalan komunitas akan semakin kecil bila laju penularan virus tinggi. "Karena peluang ketidaktercapaian kekebalan komunitasnya akan semakin besar apabila laju penularannya tinggi," sambung dia.

Sebelumnya, Wiku mengatakan ada peningkatan kasus positif sebesar 7,3 persen pada minggu ini. Tiga provinsi dengan catatan kasus tertinggi berada di Pulau Jawa.

"Kenaikan pada minggu ini sebesar 7,3 persen dibanding minggu sebelumnya, di mana pada minggu ini 3 dari 5 provinsi tertinggi ini berada di Pulau Jawa, Jawa Barat naik 2.250 kasus, DKI naik 502 kasus, Jawa Tengah naik 457 kasus, Sulawesi Tengah naik 391 dan Sulawesi Selatan naik 295 kasus," papar Wiku.

Wiku menuturkan Jawa Barat menduduki posisi teratas kasus Corona tertinggi di minggu ini. Adapun provinsi Sulawesi Tengah yang baru masuk daftar lima wilayah dengan kasus tertinggi.

"Sedangkan DKI Jakarta, Jateng, dan Sulsel masih tetap berada dalam peringkat teratas kenaikan kasus tertinggi secara nasional," ucapnya.

Dari laporan data ini, Wiku mengatakan Pulau Jawa selalu berkontribusi dalam peningkatan kasus Corona yang cukup tinggi untuk data nasional. Untuk itu, pemda setempat diminta serius menekan kasus baru Corona.

"Walau begitu beberapa daerah lain di luar Pulau Jawa yang penduduknya relatif tidak sepadat daerah di Pulau Jawa ternyata juga masuk ke dalam 5 besar peningkatan kasus tertinggi seperti Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Hal ini menandakan kelengahan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia bisa meningkatkan penambahan kasus positif di tingkat nasional," jelas dia.

(aud/mae)

Sumber: https://news.detik.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Seputar COVID-19

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus