PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Pembekalan Peningkatan Kompetensi Kepribadian Dosen Tetap

UnpakSecara umum sumber daya manusia “dosen” sangat berperan dalam memajukan bangsa ini khususnya yang tergolong sebagai “Pendidik” yang sudah diatur UU RI no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 (2) yang mengatakan bahwa  pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian di lingkungan masyarakat, terutama bagi pendidik di perguruan tinggi.

Menyadari hal tersebut Lembaga Pengembangan Peningkatan Aktifitas Instruksional (LP2AI) Universitas Pakuan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (dosen) lingkup Universitas Pakuan dalam acara "Pembekalan Peningkatan Kompetensi Kepribadian Dosen Tetap" menghadirkan nara sumber Dr.Ir.H. Tresna Dermawan Kunaefi.


Dalam kesempatan ini ketua LP2AI Nina Agustina, SE.,MM, memberikan masukan kepada dosen-dosen bagaimana dalam pemaparan materi kuliah di kelas maupun disuasana kegiatan lainnya secara langsung dapat mengupayakan suasana yang sangat menyenangkan.

Drs.Oding Sunardi,.M.Pd selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik yang saat ini mewakili Rektor Universitas Pakuan, beliau menyatakan; kegiatan ini sangat berharga untuk meningkatkan kompetensi kepribadian yang sudah ada bagi para peserta yang hadir.  Dosen adalah sebutan untuk tenaga pendidik pada perguruan tinggi dan mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional pada jenjang pendidikan yang diangkat sesuai dengan peraturan yang berlaku, bahwa pendidikan berkewajiban :

  1. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.
  2. Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  3. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Ternyata jadi dosen itu tidaklah mudah, sungguh sulit dan berat dalam melihat butir pertama, bahkan tidak sedikit dosen yang tidak mengenal hal yang pertama ini, sehingga sering ditemui suasana kelas yang tidak menyenangkan, menyebalkan, menakutkan, membosankan dan tidak kreatif.  Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mendapatkan pencerahan yang lebih baik.

Nara sumber Dr.Ir.H. Tresna Dermawan Kunaefi memberikan philosophy kepada para dosen yang hadir, beliau menyatakan;  Untuk merubah mind-set seseorang menjadi mudah, bagaimana dapat predikat orang baik  atau memiliki karakter baik guna memaknai dari visi misi Universitas Pakuan Unggul, Mandiri, dan Berkarakter yaitu : mengetahui nilai kebaikkan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan bisa memberikan dampak yang baik bagi lingkungan. Kita bukan sekedar hanya melihat dan mendengar tapi juga melihat contohnya.

Peran Dosen harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang abadi di dunia, yaitu “perubahan”. Smile

 

PUTIK ©2014


 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id