PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Menyongsong Komunitas ASEAN 2015

Unpak - Pada tanggal 30 Agustus 2014, Universitas Pakuan (UNPAK) melakukan Wisuda Lulusan dari Jenjang Diploma III, Stata 1 (S1) dan Strata 2 (S2) sejumlah 759 Wisudawan.  Tamu undangan yang hadir diantaranya Koordinator Kopertis IV Jawa Barat dan Banten Prof.Dr.Ir.Abdul Hakim Halim,M.Sc, Muspida Kota dan Kabupaten Bogor, serta Pimpinan Perguruan Tinggi di Bogor.

Sekitar 60 % populasi ASEAN adalah warga Indonesia, artinya Indonesia merupakan pasar yang sangat memiliki potensial besar untuk segala produk penjualan  barang dan jasa. Populasi yang besar menjadi bencana manakala kita tidak siap bersaing dengan negara lain di kawasan ASEAN. Kemampuan dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik akan menjadikan kekuatan dasyat sebagai lokomotif kemajuan bangsa Indonesia untuk menuju gerbang kemakmuran masyarakat dalam komunitas ASEAN. Faktor penting semua itu adalah dari SDM yang mampu bersaing dengan SDM dari negara lain.


Langkah mendasar adalah pelaksanaan Permendikbud No. 049 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian dan Standar Pengabdian kepada Masyarakat, selain standar tersebut Universitas Pakuan telah mengembangkan standar kerjasama. Kerjasama merupakan kunci penting untuk dapat menyelenggarakan proses pendidikan secara efisien, karena tidak satupun lembaga yang unggul didalam semua bidang, sehingga terjalinnya kerjasama dapat menutupi kekurangan yang kita miliki sekaligus berkontribusi menutupi kekurangan partner kerjasama dengan mitra strategis baik didalam maupun diluar negeri.

Blueprint kompetensi yang termuat dalam kurikulum mempengaruhi kelulusannya dapat perhatian lebih, dengan kegiatan terbarukan adalah penyusunan Kurikulum Berbasis Kopetensi (KBK) mengacu Kerangka Kualifikasi Nasioanal Indonesia (KKNI) dengan kurikulum ini lulusan Universitas Pakuan dapat disejajarkan dengan lulusan dari Perguruan Tinggi lain di dalam dan luar negeri.

Seiring waktu untuk di usia Universitas Pakuan didalam peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran secara terus menerus ditingkatkan agar strtegi menciptakan iklim belajar kondusif yang memungkinkan potensi mahasiswa dapat berkembang optimal, juga sebagi perwujudan semangat mengembalikan dana masyarakat kepada masyarakat. Beberapa hal tersebut diatas antara lain telah dibangun gedung perkuliahan modern 4 lantai, dan persiapan pembangunan gedung renovasi gedung BANPRES, menjadi gedung berlantai 4 yang modern, laboratorium Fakultas MIPA dan 10 lantai untuk gedung perkuliahan  yang akan dilengkapi dengan fasilitas modern.

SIMAK yakni Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan yang telah dikembangkan sejak tahun 2009  saat ini memasuki babak baru, yaitu integrasi dengan Pusat Data Perguruan Tinggi (PDPT). Integrasi tersebut secra internal akan membuat pengambilan keputusan akan lebih cepat karena ketersediaan data lengkap dan valid. Secara eksternal Universitas Pakuan memiliki kewajiban untuk memberikan data akurat untuk keperluan masyarakat luas yang semakin mudah dan cepat.

Kiprah universitas Pakuan dalam mengembangkan lembaga tentu tidak lengkap tanpa implementasi yang konsisten Sistem Penjaminan Mutu, secara internal Universitas Pakuan telah melaksanakannya, sehingga pada tahun 2008 Universitas Pakuan mendapatkan penghargaan dari Mendiknas sebagai Perguruan Tinggi yang telah menjalankan Sitem Penjaminan Mutu. Untuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal sangat diprioritaska, terbukti terakreditasinya semua program studi di Lingkungan Universitas Pakuan dan saat ini telah siap untuk mensubmit Borang Akreditasi Institusi (AIPT).


 

  Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id