PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Seminar Sehari - Improving Quality of Research and Writing Articles for International Journal Fakultas Ekonomi dan Pascasarjana Universitas Pakuan

Unpak - Regulasi pendidikan tinggi Indonesia saat ini mensyaratkan penyelenggaraan perguruan tinggi yang semakin berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing. Berbagai program harus disiapkan oleh penguruan tinggi secara terintegrasi dan terkoordinasi, diantaranya diperlukan kegiatan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian.

Kegiatan Seminar yang bertema “Improving Quality of Research and Writing Articles for International Journal“ dibuka dan diresmikan oleh Rektor Universitas Pakuan,  Dr.H.Bibin Rubini, M.Pd.  Seminar sehari ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta seminar  baik untuk mahasiswa S1,  mahasiswa program Pascasarjana dan staf pengajar Universitas Pakuan.


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Pakuan, Drs.H. Oding Sunardi, M.Pd., perwakilan Yayasan Pakuan Siliwangi, Direktur Program Pascasarjana, Dr. Hj. Rita Retnowati, MS., Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Hendro Sasongko, MM,SE., Ak serta ketua Prodi dari Fakultas Ekonomi dan Program Pascasarjana Universitas Pakuan.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Pakuan memaparkan bahwa upaya mewujudkan  Universitas Pakuan sebagai  perguruan tinggi  swasta  tidaklah mudah, karena masih ada kendala utama, salah satunya disebabkan oleh motivasi dosen untuk melakukan penelitian hanya dikaitkan dengan angka kredit kenaikan pangkat kepegawaian. Pada hakikatnya civitas akademika Universitas Pakuan merupakan SDM yang senantiasa dituntut memiliki kompetensi yang lebih dari masyarakat biasa karena intensitas interaksinya dengan ilmu pengetahuan.

Berbagai program harus disiapkan oleh perguruan tinggi secara integrasi dan berkoordinasi serta salah satunyanya adalah penelitian yang juga merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harus diakui, penelitian seringkali menjadi salah satu kelemahan banyak perguruan tinggi di Indonesia, sehingga merupakan hal yang wajar bila benchmark penelitian berkiblat ke perguruan tinggi luar negeri, tidak saja karena sejarah yang panjang, juga karena paripurnanya sumber daya yang dimiliki.

Acara seminar sehari ini menghadirkan pakar pendidikan Internasional khususnya dalam penerbitan jurnal-jurnal ilmiah berkualitas, sehingga diharapkan memiliki peluang manfaat yang besar Fakultas Ekonomi dan Program Pascasrjana Universitas Pakuan untuk untuk pengembangan SDM, termasuk pengetahuan, pengalaman dan peningkatan kualitas pendidikan melalui transfer of knowledge.  

Di sesi berikutnya hadir narasumber Profesor Johnny Jermias, MAcc., Ph.D., CMA., CPA,  salah satu pakar pendidikan dari Beedie School of Business, Simon Fraser University Kanada yang memiliki reputasi di dunia penerbitan jurnal internasional, khususnya kajian Disiplin Manajemen dan Keuangan. Profesor Jermias memaparkan mengenai metode dan kiat-kiat meningkatkan kualitas penelitian khususnya penulisan artikel yang mampu dipublikasi secara Internasional. Dalam paparannya ini dikaji pula resume beberapa jurnal/paper yang telah dipublikasikan dalam bidang Manajemen dan Keuangan. Sebagai moderator adalah Dr. Arief Tri Hardiyanto, MBA., Ak.,CMA.  

Melalui kegiatan seminar sehari ini diharapkan adanya perubahan pada peningkatan kualitas penelitian dan produktifitas dosen dan mahasiswa dalam penulisan paper/jurnal hasil penelitian yang berkualitas di lingkungan Universitas Pakuan. Sudah sepatutnya SDM di lingkungan Universitas Pakuan memiliki kemampuan untuk mengaktualisasikan kompetensinya tersebut tidak hanya sebatas kegiatan penelitian, tetapi lebih jauh lagi diharapkan mampu menulis hasil penelitiannya ke dalam media publikasi baik bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Dengan demikian dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Share berita :    

PUTIK ~ UNPAK


 

Back Home

 

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id