Asian African International Dialogue Universitas Pakuan

( Ditulis oleh : B.A | merans –  17 November 2016)

 

Unpak - Lesson Study adalah suatu bentuk pengembangan profesional yang berasal dari Jepang, melibatkan sekelompok guru berkumpul, meneliti dan merencanakan pelajaran di mana ide baru diperkenalkan untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Lesson Study pertama kali dilakukan serta dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Lesson Study adalah tentang guru saling membantu belajar untuk meningkatkan hasil bagi siswa.

 

Setelah menerima pelajaran diajarkan oleh salah satu guru sementara yang lain mengamati belajar siswa. Kelompok ini mendapat bersama lagi untuk menganalisis pelajaran dan setuju pada cara-cara itu dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan dampak pada pembelajaran. Setiap guru kemudian dapat mengambil pengetahuan yang mereka pelajari melalui Lesson Study dan menerapkannya di dalam kelas mereka sendiri untuk meningkatkan dari kinerja suatu pembelajaran dan  apa yang dihasilkan bagi siswanya.
 
Universitas Pakuan menerima kunjungan peserta pelatihan ”Capacity Development For The Analyses Of Educatiuon Policy Making and Its Effects” selasa 15 November 2016, yang di hadiri  oleh ketua Yayasan Pakuan Siliwangi beserta jajarannya, Para tamu undangan pejabat kementerian dari 9 negara Asia Afrika, presiden asosiasi lesson study Indonesia, dekan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, para wakil dekan di lingkungan FKIP Universitas Pakuan, Tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta tim lesson study Universitas Pakuan.

 

Pada hari ini kita kedatangan tamu yang luar biasa pejabat kementerian dari 9 negara Asia Afrika yaitu:

1. Ouedraogo Moussa dari Burkina Faso

2. Bazie Ragahi dari Burkina Faso

3. Ham Kunthea dari Cambodia

4. Net Sophoand dari Cambodia

5. Dey Bright Kaku dari Ghana

6. Arthur Patrick dari Ghana

7. Zaw Tun Aung dari Myanmar

8. Khin Thunder Win dari Myanmar

9. Khanal Mukunda Mani dari Nepal

10. Habi Mana Jacques dari Rwanda

11. Kati Pa Samuel dari Vanuatu

12. Si Muyaba Eunifridah dari Zambia

13. Yoshida Kazuhiro dari Japan

14. Ishida Yoko dari Japan

15. Kusakabe Tatsuya dari Japan

16. Sakura Riho dari Japan

17. Shimizu Takao dari Japan

 

Kami mengucapkan selamat datang di kampus Universitas Pakuan, Bogor.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. 00330/0/1984, jumlah jurusan di lingkungan Unpak mengalami perubahan, dan menjadi 21 jurusan pada tahun 1997. Sampai saat ini, Unpak memiliki 32 Program Studi dari enam fakultas dan satu program Pascasarjana.

 


Copyright © 2016, PUTIK – Universitas Pakuan