Khazanah Ramadhan

Sucikan Hati, Sucikan Pikiran

Berapakah Jumlah Sahabat Nabi Muhammad SAW?

KHAZANAH ISLAM - Sahabat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (صحابي, ash-shahabi) adalah orang yang pernah berjumpa dengan Nabi dalam keadaan beriman kepadanya dan wafat dalam keadaan Islam. Mereka adalah generasi awal yang ikut membantu Rasulullah memperjuangkan risalah Islam. Kedudukan sahabat radliyallahu 'anhum ini sangat dekat di sisi Nabi.

Muncul pertanyaan, berapakah jumlah sahabat Nabi? Menurut Al-Hakim an-Naisaburi dalam karyanya Al-Mustadrak, tingkatan Sahabat terbagi dalam 12 tingkatan, yaitu:

  1.  Para Khulafa'ur Rasyidin dan selebihnya dari sepuluh yang dijanjikan surga ketika masih hidup
  2. Para sahabat yang masuk Islam di Makkah sebelum Umar dan mengikuti majelis Daarul Arqam.
  3. Para sahabat yang ikut serta berhijrah ke negeri Habasyah.
  4. Para sahabat Kaum Anshar yang ikut serta dalam Bai'at Aqabah Pertama.
  5. Para sahabat Kaum Anshar yang ikut serta dalam Bai'at Aqabah Kedua.
  6. Para sahabat Kaum Muhajirin yang berhijrah sebelum sampainya Nabi Muhammad di Madinah dari Quba
  7. Para sahabat yang ikut serta dalam Perang Badar.
  8. Para sahabat yang berhijrah antara Perang Badar dan Perjanjian Hudaibiyyah.
  9. Para sahabat yang ikut serta dalam Bai'at Ridhwan pada saat ekspedisi Hudaibiyyah
  10. Para sahabat yang masuk Islam dan berhijrah ke Madinah setelah Perjanjian Hudaibiyyah
  11. Para sahabat yang masuk Islam setelah Fathu Makkah.
  12. Para sahabat anak-anak yang melihat Nabi Muhammad di waktu atau tempat apapun setelah Fathu Makkah.

Mengenai jumlah sahabat Nabi, Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid (ulama Saudi Arabia) mengatakan bahwa sahabat tersebar di seluruh penjuru negara, desa-desa dan pelosok (gurun-gurun). Sebagaimana perkataan Ka'ab bin Malik RA yang disampaikan saat kejadian pembangkangannya dalam perang Tabuk: "Dan kaum Muslimin yang saat itu beserta Rasulullah amatlah banyak, yang tidak mungkin menghimpun mereka buku besar atau dokumen". Hadits Riwayat Al-Bukhari (4418) dan Imam Muslim (2769), dan Al-Hafidh Abu Zar’ah (beliau adalah Guru dari Imam Muslim) menyatakan bahwa jumlah sahabat Nabi adalah 114.000 orang. Diriwayatkan oleh Al Khuthaib Al Baghdadi dalam Kitabnya Al-Jami (2/293).

As-Safaarini rahimahullah dalam Kitabnya Ghidzaul Albab berkata: Abu Zar’ah Ar Raazi menyebutkan bahwa Sahabat Nabi berjumlah lebih dari 100.000. Diriwayatkan pula bahwa jumlah mereka mencapai seratus dua puluh empat ribu (124.000) dan yang menyatakan jumlah ini adalah Jalaluddin As-Suyuthi rahimahullah dalam Kitab Al Khoshois Al Kubra.

Syeikh Muhammad bin Shalih, jumlah ini (114.000 atau 124.000 sahabat) tidaklah jauh dari akurasi, karena sesungguhnya fenomena sunnah menunjukkan bahwa para sahabat radliyallahu 'anhum jumlah mereka mendekati angka ini.

Dan pada peristiwa perang Tabuk yang terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriyah atau dua tahun sebelum wafatnya Nabi bahwa beliau keluar dalam perang itu bersama rombongan para Sahabat yang jumlahnya 30.000 pasukan tempur dan 10.000 pasukan berkuda. Tidak ada seorang pun yang membangkang dan menyalahi perintah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam perang Tabuk ini melainkan Ka'ab bin Malik dan dua orang sahabatnya.

Apabila digabung jumlah mereka yang ikut perang Tabuk dengan jumlah para wanita, anak-anak, orang-orang tua, penduduk badui dan mereka yang tinggal jauh dari Madinah seperti Makkah dan Thoif, maka jumlah sahabat tidak selisih jauh dari 100.000. Jabir bin Abdillah RA mendiskripsikan banyaknya jumlah sahabat dari Madinah yang menunaikan ibadah Haji bersama Rasulullah pada Haji Wada'.

Dan As-Sahowi menukil dari ungkapan Abu Zar'ah bahwa para sahabat Nabi berjumlah 114.000 orang dan dipilihlah pendapat ini setelah ulama menyebutkan pendapat lain dari jumlah sahabat. Semoga Allah memberikan keridhoan-Nya kepada semua sahabat dan menjadikan kita termasuk dari pengikut-pengikut mereka yang baik.

Hadits of The Day

Dari 'Urwah bahwa Aisyah telah mengabarkan kepadanya bahwa dalam shalatnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdoa:

"ALLAHUMMA INNI 'AUUDZUBIKA MIN 'ADZAABIL QABRI WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAL WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MINAL MA'TSMI WAL MAGHRAMI

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan hutang)."

Maka seseorang bertanya kepada beliau, "Alangkah seringnya anda memohon perlindungan diri dari lilitan hutang."

Beliau bersabda: "Sesungguhnya apabila seseorang sudah sering berhutang, maka dia akan berbicara dan berbohong, dan apabila berjanji, maka dia akan mengingkari."

(HR. Sunan Abu Dawud No. 746)

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus