COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

WHO: Patient Zero COVID-19 Mungkin Tak Akan Pernah Ditemukan

Foto: BBC Worldn

JAKARTA – Tim Organisasi Kesehatan Dunia akan melakukan investigasi terkait asal-usul COVID-19. Namun, pimpinan teknis WHO Maria Van Kerkhove menyebut patient zero COVID-19 kemungkinan tak akan pernah ditemukan.

"Dunia mungkin tidak akan pernah menemukan "patient zero" dalam pencariannya untuk asal-usul COVID-19," jelas Maria Van Kerkhove, pada Jumat (15/1/2021).

Tim yang dipimpin WHO menyelidiki asal-usul COVID-19 akan mengadakan pertemuan virtual dengan tuan rumah China di Wuhan, tempat pandemi pertama kali muncul lebih dari setahun yang lalu. Seperti yang diketahui, patient zero merupakan pasien pertama yang terinfeksi, dalam hal ini COVID-19.

Jika patient zero COVID-19 ditemukan, besar peluang untuk mencari tahu asal muasal penyakit dan cara menghentikan wabah tersebut di masa depan. Beragam spekulasi terkait patient zero COVID-19 sempat beredar.

Misalnya, kepala program kedaruratan WHO, Michael Ryan, sempat menyebut patient zero COVID-19 bisa saja berasal dari luar China. Adapula yang menyebutkan patient zero COVID-19 adalah pedagang di pasar basah Wuhan, tempat pertama kali COVID-19 dilaporkan.

Studi yang diterbitkan di jurnal kedokteran The Lancet pada 1 Desember 2019, juga menyebut patient zero tidak punya kontak dengan Pasar Huanan, yakni tempat yang dicurigai sebagai awal mula penyebaran COVID-19 di Wuhan.

"Itu sebabnya susah mencari tahu hewan atau inang apa yang menyebabkan virusnya lompat ke manusia," kata ahli pernapasan Peking University First Hospital, Wang Guafa.

Sementara kabar terbaru dari Italia menyebutkan patient zero COVID-19 pertama di negara mereka kemungkinan terjadi pada November 2019. Sebuah studi menemukan wanita di RS Milan menunjukkan gejala COVID-19 tak biasa.

"Seorang wanita muda yang mengunjungi rumah sakit Milan dengan ruam di lengannya pada November 2019 bisa menjadi kasus COVID-19 yang paling awal dikonfirmasi di Italia, menurut pemeriksaan ulang bahan sampel yang dikumpulkan pada saat itu," jelas studi, dikutip dari SCMP.

"Sars-CoV-2 atau virus yang menyebabkan COVID-19 telah ditemukan pada wanita berusia 25 tahun. Dia salah didiagnosis dengan kelainan autoimun yang langka, tapi sekarang bisa menjadi "patient zero COVID-19" di Italia," tutur Raffaele Gianotti, seorang dermatopatologi dari Universitas Milan.

Sumber: https://health.detik.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Seputar COVID-19

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus