COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

Varian Baru Corona, Apa yang Ditemukan Sejauh Ini dan Akankah Vaksin Efektif?

Getty Images

LONDON – Varian COVID-19 yang pertama kali diidentifikasi di Brasil telah ditemukan di Inggris.

Para pejabat kesehatan masyarakat sedang menyelidiki enam kasus dan menggunakan jalur penelusuran dan tes untuk melihat apakah itu telah menyebar ke lebih banyak orang.

Beberapa varian, seperti yang dari Brasil tersebut, tampaknya lebih menular dan ada kekhawatiran terkait apakah vaksin yang saat ini tersedia mungkin tidak berfungsi dengan baik dalam merespon varian-varian baru.

Apa saja varian-varian baru yang ada?

Ada ribuan varian berbeda dari COVID yang sudah menyebar.

Perhatian terutama fokus pada beberapa varian:

  • Varian asal Inggris, atau dari wilayah Kent (juga dikenal sebagai B.1.1.7) yang sekarang menjadi dominan di sebagian besar Inggris, telah menyebar ke lebih dari 50 negara dan tampaknya bermutasi lagi
  • Varian asal Afrika Selatan (B.1.351) yang ditemukan di setidaknya 20 negara lain, termasuk Inggris
  • Varian dari Brasil (P1) yang terdeteksi pada empat pelancong ke Jepang yang kini telah ditemukan di Inggris

Bukan hal yang tidak terduga bahwa varian baru telah berkembang - semua virus bermutasi saat membuat salinan dirinya sendiri untuk menyebar dan berkembang.

Sebagian besar perbedaan ini tidak penting. Beberapa bahkan dapat membahayakan kelangsungan hidup virus itu sendiri. Tetapi beberapa dapat membuatnya lebih menular atau bahkan mengancam.

Apakah yang baru lebih berbahaya?

Tidak ada bukti bahwa salah satu dari berbagai varian yang ada dapat menyebabkan gejala yang jauh lebih serius bagi sebagian besar orang yang terinfeksi.

Seperti versi awalnya, risiko paling tinggi adalah pada orang yang sudah tua atau memiliki kondisi kesehatan bawaan yang signifikan.

Untuk varian Inggris, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hal itu mungkin terkait dengan risiko kematian 30% lebih tinggi. Buktinya tidak kuat dan datanya masih belum pasti.

Tindakan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dari orang lain, dan mengenakan penutup wajah akan tetap membantu mencegah infeksi. Namun, penting untuk lebih waspada sebab varian-varian baru tampak lebih mudah menyebar.

Apa yang terjadi dengan virus itu?

Varian Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil bisa jadi jauh lebih menular.

Ketiganya telah mengalami perubahan pada bagian spike, atau bagian paku yang membantu virus itu yang menempel pada sel manusia.

Akibatnya, varian-varian itu tampaknya lebih baik dalam menginfeksi sel dan menyebar.

Para ahli berpendapat galur Inggris atau "Kent" muncul pada bulan September dan mungkin hingga 70% lebih menular. Penelitian terbaru oleh Public Health England menyebutkan antara 30% dan 50%.

Varian Afrika Selatan muncul pada bulan Oktober, dan memiliki perubahan yang lebih penting dalam protein spike. Para ahli baru-baru ini menemukan sejumlah kecil kasus varian Inggris yang memiliki salah satu dari perubahan yang lebih mengkhawatirkan ini juga.

Perubahan itu melibatkan mutasi kunci - disebut E484K - yang dapat membantu virus menghindari bagian sistem kekebalan, yang disebut antibodi, yang dapat melawan virus Corona berdasarkan pengalaman dari infeksi sebelumnya atau vaksin.

Varian Brasil muncul pada bulan Juli dan memiliki mutasi E484K ini juga.

Varian baru virus corona

BBC

Akankah vaksin tetap bekerja?

Vaksin-vaksin yang saat ini tersedia, dirancang dengan versi sebelumnya dari virus Corona. Namun, para ilmuwan percaya bahwa vaksin itu masih berfungsi, meskipun mungkin tidak cukup baik.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan varian Brasil mungkin melawan antibodi pada orang yang seharusnya memiliki kekebalan karena mereka telah tertular dan pulih dari versi sebelumnya dari virus Corona.

Hasil laboratorium awal, bagaimanapun, menunjukkan vaksin Pfizer dapat melindungi dari varian baru, meskipun sedikit kurang efektif.

Dua vaksin virus Corona baru yang dapat segera disetujui - satu dari Novavax dan satu lagi dari Janssen - tampaknya juga menawarkan perlindungan.

Data dari tim vaksin Oxford-AstraZeneca menunjukkan bahwa vaksin itu juga melindungi dari varian Inggris yang baru. Vaksin itu menawarkan lebih sedikit perlindungan terhadap varian Afrika Selatan - meskipun semestinya tetap melindungi dari gejala parah.

Hasil awal dari Moderna menunjukkan bahwa vaksin itu efektif melawan varian Afrika Selatan, meskipun respons imunnya mungkin tidak sama kuat atau tahan lama.

Varian-varian lain bisa muncul lagi di masa depan.

Bahkan dalam skenario kasus terburuk, vaksin dapat dirancang ulang dan disesuaikan agar lebih cocok - dalam hitungan atau minggu atau bulan, jika perlu, kata para ahli.

Seperti flu, di mana suntikan baru diberikan setiap tahun untuk memperhitungkan setiap perubahan dalam virus flu yang beredar, hal serupa dapat terjadi untuk virus Corona.

Apa yang telah dilakukan tentang itu?

Lebih banyak varian akan muncul.

Para ilmuwan di seluruh dunia sedang mewaspadai perkembangan varian dan semua yang penting akan dipelajari dan dipantau dengan cermat.

Para ahli memperbarui vaksin virus Corona. Pemerintah Inggris telah mengumumkan kesepakatan dengan perusahaan biofarmasi CureVac untuk mengembangkan vaksin terhadap varian di masa depan, dengan pemesanan di muka sebanyak 50 juta dosis.

Sumber: news.detik.com

PMB ONLINE

Penerimaan Mahasiswa Baru
Daftar Sekarang

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus