COVID-19

Darurat Corona Virus Disease

dr Reisa Ingatkan Risiko Tertular Corona dari Jenazah

Foto: dr Reisa Broto Asmoro (Istimewa)

JAKARTA - Duta adaptasi kebiasaan baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan risiko tertular Corona dari jenazah. Bagaimana Corona bisa menular dari jenazah?

Reisa menyatakan penularan Corona saat ini dari droplet hingga aerosol maupun fomites kontak erat pasien konfirmasi COVID-19. Namun, jenazah yang terpapar Corona juga bisa menularkan virus ini.

"Risiko ini juga terdapat pada jenazah COVID-19, terutama apabila keluarnya cairan atau aerosol dari saluran pernapasan dan paru, atau percikan lain yang keluar dari jenazah," kata dr Reisa dalam siaran YouTube BNPB, Jumat (17/7/2020).

Reisa menekankan penanganan jenazah COVID-19 harus baik. Jika tidak, Corona bisa menular lewat jenazah.

"Kasus penularan virus COVID-19 bisa saja melalui jenazah apabila tidak ditangani dengan baik, dan tidak sesuai protokol COVID-19," ucap Reisa.

Reisa lanjut memaparkan kriteria jenazah. Kriteria jenazah ini berdasarkan pedoman terbaru Kementerian Kesehatan.

1. Jenazah suspek dari dalam RS sebelum keluar hasil swab
2. Jenazah pasien dari dalam RS yang telah ditentukan sebagai kasus probable atau konfirmasi COVID-19
3. Jenazah dari luar RS dengan riwayat memenuhi kriteria probable atau konfirmasi COVID-19. Hal ini termasuk pasien DOA (dead on arrival) rujukan dari RS lain

"Pemerintah mengimbau agar masyarakat mengikuti protokol penanganan jenazah COVID-19 dan pasien meninggal akibat penyakit infeksi lainnya," sebut Reisa.

Reisa menegaskan masyarakat tak boleh menolak jenazah pasien Corona. Penolakan ini, apalagi hingga menimbulkan keramaian, bisa meningkatkan risiko tertular Corona.

"Jangan melakukan aksi penolakan jenazah COVID-19, apalagi sampai membuat kerumunan orang di jalan. Bukan jenazah yang nantinya akan jadi sumber penularan, namun kerumunan inilah yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus COVID-19," tutur Reisa.

Sumber: https://news.detik.com

INFORMASI PMB

PENDAFTARAN

Seputar COVID-19

Alamat Kami

Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143

  • dummy+62 251 8312 206

  • dummy+62 251 8356 927

  • dummy rektorat@unpak.ac.id

Internal Link

Lokasi Kampus