PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Pelatihan Open Journal System (OJS)

Unpak - Kementrian RISETDIKTI bekerja sama dengan Universitas Pakuan melalui Lembaga Penelitiannya mengadakan pelatihan Open Journal System (OJS) di Hotel Mirah Bogor. Pelatihan ini dihadiri oleh 71 pengelola journal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia.

Masing-masing perguruan tinggi wajib mengutus 2 orang untuk mengikuti pelatihan ini dengan komposisi seorang sebagai pengelola journal dan seorang dari staff IT untuk memperhatikan hal yang bersifat teknis yang terkait dengan OJS tersebut.


Acara Pelatihan Open Journal System dimulai pukul 09:00 WIB oleh Bapak Suwitno, S.E selaku Kepala Subdirektorat Hak Kekayaan Intelektual dan Publikasi bersama Rektor Universitas Pakuan Dr. H. Bibin Rubini, M. Pd selaku pembuka acara OJS. Selain pelatihan mengenai OJS, acara tersebut menjadi keterangan pemberian kontrak hibah untuk pengelolaan journal bagi beberapa universitas yang sudah lolos tahap seleksi administrasi.

Pelatihan dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama diisi oleh Suwitno, S.E yang memaparkan tentang syarat dan teknis kontrak hibah yang akan diberikan kepada calon penerima hibah yaitu masing-masing pengelola journal yang sudah mengajukan proposal untuk mendapatkan hibah tersebut.

Sesi kedua pelatihan ini diberikan oleh Lukman, S.T., M.Hum. Menyampaikan tentang evaluasi dan akreditasi journal nasional, akreditasi journal saat ini masih terbagi 2 metode yaitu akreditasi journal cetak dan e-journal, serta memaparkan mengenai poi-poin yang harus disiapkan untuk akreditasi journal baik cetak maupun e-journal. Menjadi hal penting pada saat ini untuk informasi yaitu mulai April 2016 kementrian RISETDIKTI akan menghilangkan sistem akreditasi journal cetak dan mewajibkan seluruh pengelola journal untuk melakukan akreditasi berdasarkan e-journal.

Selanjutnya sesi ketiga yaitu sesi inti pelatihan dan workshop mengenai Open Journal System. OJS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk mengatur e-journal, aplikasi OJS ini bersifat open source yang ditemukan oleh John Willinsky dari University of British Columbia di Kanada. Sesi workshop ini dipandu oleh Bpk. Dani, final dari sesi workshop ini ialah peserta dapat mempublikasikan sebuah journal secara online melauli OJS tersebut. Sebelum melakukan publikasi peserta harus melakukan semua proses bisnis dalam pengelolaan journal, mulai dari proses penulisan, review, dan edit, semua proses tersebut harus dilakukan agar journal yang terpublis berkualitas dan sesuai denan standar akreditasi dari dikti.

Semua proses dilakukan dalam aplikasi OJS tersebut sehingga memudahkan setiap pengelola journal dalam melakukan publikasi. Peserta begitu antusias mengikuti sesi ketiga ini, meskipun sedikit sulit karena baru pertama menggunakan OJS. Sesi ini berlangsung selama 3 jam dan menjadi sesi terakhir dalam acara ini. Setelah semua sesi selesai acara ditutup oleh Suwitno,S.E. (Banyu)

Share berita : ShareFB ShareTwitter ShareGoogle

LogoputikPUTIK ~ UNPAK

 

Home Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id