PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Student Day Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pakuan Menuju Keseimbangan IQ, EQ, SQ, dan AQ

Unpak -  Tak terasa memasuki  1 dasawarsa (ke 10 tahun) kegiatan yang di beri nama ‘Student Day’ (30 Mei 2014), terus berlangsung dilingkungan mahasiswa Pascasarjana Universitas Pakuan yang bertempat di Hotel Wira Carita labuhan pandeglang Banten. Kegiatan ini di laksanakan oleh Panitia mahasiswa jurusan PKLH Pascasarjana dengan tema utamanya “Kelautan dan lingkungan hidup”.

Kehadiran Dr.H. Bibin Rubini M.Pd selaku rektor Universitas Pakuan yang di damping oleh Direktur Dr.Hj.Rita Retnowati M.Si berserta para wakil direktur Pascasarjana dan Ketua Program Studi Dr. Indarti Komaladewi Ir.M,Si dengan kegitan ini senantiasa dapat  menghasilkan para ilmuwan dalam bidangnya yang memiliki kualitas keilmuan unggul, memiliki integritas, spritualitas serta daya juang yang tinggi dalam memegang teguh sendi-sendi keilmuan dalam kiprahnya di masyarakat merupakan impian luhur dari setiap perguruan tinggi. Komitmen tersebut senantiasa menjadi amanah bagi seluruh stake holder Universitas Pakuan Bogor, khususnya program Pascasarjana Universitas Pakuan.


Dalam rangka mengimplementasikan amanah tersebut Universitas Pakuan Bogor mengadakan kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Pakuan Dr. H. Bibin Rubini. M.Pd ‘Student day’ merupakan salah satu program unggulan pascasarjana Universitas Pakuan yang sejak dicanangkan pada tahun 2005 wajib diikuti oleh setiap mahasiswa pascasarjana dari berbagai program studi 1 (satu) kali selama menjadi mahasiswa. Melalui kegiatan ini, menurut Dr. Rita Retnowati, MSi., para mahasiswa memperoleh pengalaman langsung bagaimana memadukan potensi  IQ, EQ, SQ dan AQ dalam memecahkan berbagai persoalan yang nantinya akan ditemukan dalam kesehariannya sehingga para mahasiswa mampu memberikan kontribusi yang positif dalam lingkungan masing-masing baik lingkungan kerja maupun masyarakat.

Kegiatan di rancang dalam berbagai bentuk di antaranya lomba olahraga (tarik tambang, futsal, dan volley),  lomba seni (pasca idol, dan kreativitas mahasiswa), serta seminar ilmiah dengan tema “ Perspektif Nilai Kelautan Ditinjau dari Nilai Lingkungan Ekonomi dan Hukum” yang mendatangkan pembicara dari Direkturat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia serta kegiatan outbound. Student Day diselenggarakan selama 3 hari dan dua malam.

Output dari kegiatan ini menambah persaudaraan di antara Pimpinan Direktur Pascasarjana, Ketua Prodi bersama mahasiswa Program S2 dan mahasiswa Program Doktoral‘Antusiasme peserta untuk mengikuti setiap kegiatan luar biasa, baik mahasiswa, dosen dan karyawan. Baru kali ini, semua kegiatan tingkat partisipasinya mendekati 85 %, baik kegiatan utama maupun tambahan’ imbuh Dr. Yossa Istiadi, M. Walaupun berbagai kegiatan lomba merupakan sarana antara untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan namun akhirnya berhasil didapatkan para juara dalam bidangnya masing-masing. Adapun para juara itu adalah  : (a) bidang olahraga tarik tambang adalah tim mahasiswa S2 program studi Ilmu Hukum, olahraga futsal ‘juara bersama’ yaitu tim Dosen/TU dan tim mahasiswa S3 2.2, sedangkan volley dijuarai oleh tim S3 2.2; (b) untuk bidang seni pasca Idol juara 1 direbut oleh Siska Kodong mahasiswa S2 AP. G.6; dan (c) bidang yang tidak dilombakan yaitu outbound peringkat 1 adalah kelompok 1 dan kreativitas seni direbut oleh tim kesenian mahasiswa PKLH Jambi. Dengan hasil tersebut maka mahasiswa program doktoral (S3 2.2) berhak atas piala bergilir Rektor Universitas Pakuan sebagai juara umum.

Semoga dengan adanya program Student Day dapat memberi manfaat yang besar bagi kita semua.



Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id