PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Mahasiswa Baru Universitas Pakuan Tahun Akademik 2014-2015

Written by : merans on .

Unpak - Kemandirian merupakan tujuan hidup yang wajib dimiliki seorang, sekelompok dengan adanya tekad; sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Itulah keinginan para pendahulu pimpinan Universitas Pakuan, betapa pentingnya usaha pembelaan negara yang harus dimiliki oleh generasi muda yang khususnya Mahasiswa Baru Universitas Pakuan.

Sebagai warga Negara Indonesia ditempat ini hadir 4161 Mahasiswa Baru Universitas Pakuan mengikuti upacara pembukaan sebagai peserta Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 9 sampai tanggal 11 September 2014 bertempat di lapangan TNI Gelora Benteng PUSDIKZI Lawang Gintung.


Disinilah wujud dari usaha yang mempunyai nilai bela Negara bagi Mahasiswa Baru Unpak dengan kesiapan dan kerelaan setiap warga negara untuk ikhlas berkorban demi mempertahankan kemerdekaan kedaulatan negara, mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, serta menjaga sepenuhnya keutuhan wilayah nusantara dengan mengamanatkan nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang 1945 sebagai konstitusi Negara.

Komandan upacara dari Kompi C Resimen memimpin 10 batalion dengan nama-nama Pahlawan Nasional Indonesia seperti Kapten Muslihat, Patimura, Soekarno, Cut Nya Dien sebagai bentuk cerminan kegiatan Mahasiswa Universitas Pakuan. Dalam Pembukaan acara Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dengan laporan Ketua Panitia oleh Hari Muharam SE,.MM dan secara resmi di buka oleh Inspektur upacara Rektor Universitas Pakuan Dr.H.Bibin Rubini M.Pd. Kemudian diilanjutkan dengan penyematan atribut PPBN kepada 2 perwakilan mahasiswa baru dan diserahkan langsung kepada ketua panitia PPBN yang terdiri dari para personil TNI PUSDIKZI, Dosen, Badan Legislatif, Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Universitas Pakuan dan perwakilan lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dilingkungan kampus Universitas Pakuan, serta devile dari Marching Band Pusdikzi yang mengakhiri upacara pembukaan PPBN 2014.

Selama 3 hari tanggal 9-11 September 2014 semua peserta Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Mahasiswa Baru Universitas Pakuan mendapatkan materi-materi sebagai berikut :

 

Selasa, 9 September 2014


  1. Materi “Wawasan Almamater” - Rektor Universitas Pakuan Dr.H. Bibin Rubini, M.Pd
  2. Materi “Pembentukan Karakter Generasi Muda (Mahasiswa)” - Direktur Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Ditjen DIKTI  Dr.Illahi Sailah, MS.
  3. Materi “Upaya Pencegahan Penyalgunaan Narkoba” - Badan Narkotika Nasional
  4. Materi “Peran Pemuda dalam Bela Negara” - Komandan PUSDIKZI
  5. Materi “Kamtibnas” - Polres Bogor - Puzdiksi

Rabu, 10 September 2014

  1. Materi “Sosialisasi Telkomsel & Account Google” - Telkomsel & PUTIK Unpak - Aries Maesya.M.Kom
  2. Materi “Nasionalisme dan Pembentukan Karakter” - Koordinator Kopertis Prof.Abdul Hakim Halim
  3. Materi “Membangun Keunggulan & Kemandirian Wilayah Kota Bogor” - Walikota Bogor Dr.Bima Arya
  4. Materi Strategis Penanggulangan Gerakan ISIS & Terorisme di Indonesia untuk
  5. Menjaga Stabilitas Nasional - Badan Nasional Penanggulangan Teroris
  6. Materi lapangan “Team Building” - PUSDIKZI
  7. Materi Basic Mentality Program - Ir.Abdul Basit,M.Si

Kamis, 11 September 2014

  1. Materi “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Wilayah dengan Menanamkan Keunggulan dalam Masyarakat” - DHN 45 Drs.Edi Ismu ISmahun,MM
  2. Perkenalan Organisasi BLM & BEM Universitas Pakuan
  3. Perkenalan Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Pakuan
  4. Wawasan Nusantara “ irama  dan lagu  4161 mahasiswa mainkan nada dan irama angklung”

Selamat datang Mahasiswa Baru Universitas Pakuan. Mari kita majukan kampus tercinta ini demi cita-cita meningkatkan Pendidikan di Indonesia!

 

PUTIK ©2014


 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id