PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Pekan Ilmiah Diploma III 2014 “Menciptakan Mahasiswa yang Cerdas, Kompeten, dan Berkarakter”

UnpakDi era globalisasi abad ke-21 ini, negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi khususnya di bidang ekonomi yang menyangkut hubungan intra-regional dan internasional akan memicu terjadinya persaingan ketat antar negara, Menurut World Competitiveness Report, Indonesia dalam kancah persaingan global menempati urutan ke-45 atau terendah dari seluruh negara yang diteliti, di bawah Singapura (8), Malaysia (34), Cina (35), Filipina (38), dan Thailand (40).

Tantangan yang akan dihadapi bersama bangsa Indonesia di tahun 2015 adalah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Untuk itu sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang cerdas, kompeten, dan berkarakter, sumber daya manusia yang berkualitas serta memilki jati diri yang baik sangat dibutuhkan untuk terjun dan memiliki daya saing di dunia kerja dan dunia usaha kewirausahaan.


Himpunan Mahasiswa Diploma mengadakan Pekan Ilmiah Diploma III (PID III), yang bertujuan untuk menjawab tantangan persaingan global abad ke-21. Kegiatan Pekan Ilmiah Diploma III ini disesuaikan program studi yang ada di FE Unpak, yaitu Akuntansi, Manajemen Perpajakan, dan Manajemen Keuangan & Perbankan.

Rangkaian kegiatan yang ada pada Pekan Ilmiah Diploma III ini diantaranya Pelatihan dan pendidikan pengembangan karakter, Seminar dan Lomba yang ditujukan untuk Mahasiswa Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, diantaranya PRODIDI. (Program Diklat Diploma, Talk Show Think Fast (Lomba Antar Mahasiswa diploma), dan P2UKM (Pengenalan dan Pelatihan Usaha Kecil Menengah).

Salah satu kegiatan Pengenalan dan Pelatihan Usaha Kecil Menengah (P2UKM) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat luas di luar lingkungan Universitas Pakuan. Acara ini berupa seminar mengenai pengenalan Usaha Kecil dan Menengah. Dalam kegiatan yang bertema ”Ciptakan Dunia Usahamu Sendiri” terdapat  tiga bentuk pengenalan dan pelatihan, antara lain :

1. Pelatihan Pembukuan mengenai Usaha Kecil Menengah.

2. Pelatihan tata cara untuk menambah modal usaha kepada pihak Bank.

3. Pelatihan tata cara untuk membayar pajak.

Kegiatan lainya adalah Talk Show bertema “Memberantas Korupsi Sejak Dini” menghadirkan pembicara Bapak Amien Sunaryadi, Ak., MPA., CISA, mantan Wakil ketua KPK periode 2003-2007. Pada kesempatan ini beliau menekankan upaya terciptanya SDM yang berkualitas untuk siap terjun ke persaingan dunia kerja dan demi memajukan negara Indonesia.

Melalui Pekan Ilmiah Diploma III ini Himpunan Mahasiswa Diploma FE-Unpak secara langsung telah berkontribusi aktif dalam upaya melahirkan Sumber Daya Manusia yang cerdas, kompeten, dan berkarakter, yang akan dibutuhkan untuk terjun dan memiliki daya saing tinggi di dunia kerja dan dunia usaha kewirausahaan.

 

PUTIK ©2014


 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id