PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Unpak di Parungkuda Sukabumi

Unpak - Tanggungjawab dan kepedulian dan komitmen untuk memajukan masyarakat dalam bidang ekonomi, lingkungan, pendidikan dan kesehatan menggugah sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Pakuan untuk terjun langsung kepada masyarakat melalui kegiatan seminar Posdaya.

Adapun narasumber dalam seminar tersebut Dr. Rais Hidayat, M.Pd (43) yang berbicara arti penting peningkatan ekonomi dan lingkungan untuk kemajuan masyarakat, dan Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd., (38) yang berbicara mengenai arti penting pendidikan dan kesehatan dalam kemajuan masyarakat.


Bertempat di Kampung Sukasirna, RW 04, Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dengan bantuan aparat kecamatan, aparat desa, dan organisasi pemuda di wilayah Parungkuda, pada Minggu 6 September 2015 telah dilaksanakan Seminar Posdaya dengan tema “Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Program Posdaya di Bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan dan Ekonomi”.

Dr. Rais Hidayat, M.Pd., dalam seminar tersebut menekankan bahwa manusia yang berkualitas, lingkungan yang dimanfaatkan secara maksimal dan dijaga kelestariannya akan membawa  kehidupan yang lebih baik pada masyarakat. “Jadilah manusia yang berkualitas secara lahir, pikir, dan zikir (spiritual) pasti kehidupan ekonomi akan lebih baik,” demikian ditegaskan doktor manajemen pendidikan tersebut.

Sementara itu Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd., menekankan bahwa pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah masyarakat. Dalam paparannya Doktor manajemen pendidikan itu mengungkapkan beberapa hasil temuannya dari sejumlah negara yang pernah dikunjunginya antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan Korea Selatan bahwa negara yang miskin kekayaan alamnya berhasil menjadi maju karena mereka melaksanakan pendidikan yang mampu meningkatkan SDM. “Kita juga jika ingin maju, maka harus melaksanakan pendidikan yang berkualitas. Para orang tua jangan pernah membiarkan anak tidak bersekolah.” demikian ditegaskan wanita kelahiran Ternate ini.

Hadir dalam Seminar Posdaya tersebut sejumlah mahasiswa KKN Unpak dari Prodi PGSD, Bahasa Indonesia, Biologi dan Bahasa Inggris. Adapun tokoh masyarakat yang hadir antara lain Bapak Asep Hidayat mewakili kecamatan, Ibu Nanan mewakili promosi kesehatan kecamatan, Bapak RW Asep HR, RT 01 H. Engkos Kosasih, RT 02 Bapak Dudan, RT 03 Bapak Wahyu, RT 04 Bapak Ahyar, Ketua Pemuda Kampung Sukasirna Bapak Deden, dan Ketua FKPM Bapak Aja. Seminar tersebut dihadiri sebanyak 100 orang lebih. Sebagian peserta seminar mendapatkan bingkisan setelah mereka mampu menjawab pertanyaan dari narasumber. 

Seminar Posdaya tersebut merupakan bagian dari kegiatan KKN mahasiswa FKIP Unpak. Kegiatan KKN lainya antara lain: pengadaan bimbingan belajar gratis, penanaman massal tanaman obat, mengaktifkan kembali kegiatan Posyandu dan Posdaya, Jumat bersih dan Sabtu bersih, serta training pembuatan nugget berbahan dasar singkong . “Kami sangat berterima kasih kepada Universitas Pakuan yang sudah menempatkan para mahasiswanya di desa ini, dan dapat berbagi ilmu kepada masyarakat di sini,” demikian diucapkan Bapak Asep HR dalam sambutan acara tersebut.

Seperti diketahui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpak tahun 2015 menyebarkan sebanyak 750 mahasiswa KKN di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Tujuan KKN ini agar mahasiswa mampu menyelami kehidupan masyarakat yang sesungguhnya sehingga mereka mendapat bekal sempurna jika kelak menjadi sarjana. Kegiatan KKN dimulai 3 Agustus dan berakhir 19 September 2015. (ras/yun)

Share berita : ShareFB ShareTwitter ShareGoogle

LogoputikPUTIK ~ UNPAK

 

Home Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id