PENERIMAAN MAHASISWA BARU: DAFTAR

Arrow up
Arrow down

Sosialisasi dan Workshop Lesson Study Bacth V Tahun ke 3 FKIP Universitas Pakuan

on .

Unpak - FKIP Universitas Pakuan kembali meraih hibah Program Lesson Study Bacth V Dikti di tahun ke-3. Program LS tahun ke-3 diawali dengan kegiatan "Sosialisasi dan Workshop Lesson Study" yang dilaksanakan pada hari Sabtu tgl 7 Maret 2015.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Gedung FKIP Unpak, menghadirkan narasumber dari Universitas Pendidikan Indonesia Bapak Sumar Handayana, Ph.D., sebagai kepala Pusat Inovasi Pendidikan LPPM-UPI sekaligus Ketua Panitia World Association of Lesson Studies Internasional Conference 2014.


Ketua penyelenggara Lesson Study Universitas Pakuan, Dr.Eri Sarimanah, M.Pd, yang mewakili Dekan FKIP Universitas Pakuan, membuka acara simulasi lesson study. Pada Workshop ini juga hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Pakuan, Arif Muhdianto Ir., MT., bersama perwakilan Dosen di lingkungan Universitas Pakuan.

Terima kasih kepada sekolah piloting, para kepala sekolah & para guru (SD, SMP, SMA kota dan Kab. Bogor), juga para dosen yang telah berperan serta dalam kegiatan.

Sekolah yang dijadikan piloting yaitu SMPN 8 Bogor dan SD N Kencana 3. Tahapan program selanjutnya yaitu workshop teaching plan dan teaching material akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2015 dengan peserta yang hadir pada saat sosialisasi. Demikian informasi disampaikan oleh Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. sebagai ketua penyelenggara lesson study di Universitas Pakuan.


Fenomena umum dari beberapa hasil observasi pembelajaran di kelas masih terdapatnya guru begitu bersemangat menjelaskan materi dihadapan peserta didiknya. Namun, saat yang bersamaan, sebagian besar siswa terlihat mengantuk dan bosan. Dengan situasi tersebut menyiratkan sebenarnya siswa merasa kesulitan dengan cara belajar seperti itu. Mereka enggan dicekoki banyak materi, mereka hanya ingin terlibat belajar.

Selama dua tahun penyelenggaraan Lesson Study banyak perubahan yang berarti dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study untuk tahun ke-3 ini selain dilaksanakan di FKIP, juga dilakukan perluasan jaringan ke sekolah yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 8 Bogor untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan untuk unit Sekolah Dasar diselenggarakan di SD Pertiwi untuk Guru Kelas. Dengan adanya perluasan ini ke lingkungan sekolah, besar harapan kegiatan Lesson Study dapat mewujudkan output peserta didik yang lebih handal, jika dilakukan dengan sungguh-sunguh.

Beberapa ciri khas dalam penyelenggaraan open lesson study adalah memiliki aktifitasnya tersendiri, dimulai dari tahapan Plan, Do, dan See.

Selama waktu sosialisasi berjalan kehadiran Wakil Rektor Bidang Akademik Drs.Oding Sunardi meninjau pelaksanaan tersebut dan bertemu dengan aktifitas nara sumber di hadapan peserta simulasi yang hadir dari para kepala sekolah dan guru dari Kota dan Kabupaten Bogor serta para dosen model dari setiap prodi FKIP.

Kegiatan selanjutnya yang sudah terbagi dalam kelompok mata pelajaran dengan workshop guna menentukan topik materi yang akan dilaksanakan pada lesson Study di setiap sekolah. Penentuan topik ini memudahkan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran (Teaching plan & Teaching Material) yang akan dilaksanakan pada kegiatan Open Lesson di kelas.

Semoga melalui Program Lesson Study ini dapat memenuhi harapan akan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas dan dapat dimaknai sebagai suatu strategi pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Amin

Share berita :    

PUTIK ~ UNPAK


 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id