Green and Clean Wujudkan Kampus Bebas Sampah

Sering kali kita dengar slogan “Kebersihan sebagian dari iman” Sebagian orang awam pasti akan berpikir bahwa orang yang tidak menjaga kebersihan adalah orang yang tidak mempunyai iman. Dewasa ini banyak orang yang tidak lagi peduli terhadap kebersihan, baik kebersihan tubuh, kebersihan tempat kerja, kebersihan lingkungan, dan bahkan kebersihan tempat dimana Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Makna bersih tidak hanya bebas dari kotoran, tapi juga bersih dari hal-hal yang tak sepantasnya dilihat.

Kunci agar terciptanya lingkungan kampus yang bersih, sehat serta nyaman adalah terletak pada para mahasiswanya. Bagaimana kita sebagai orang yang berpendidikan dan tahu pasti mana yang baik dan benar agar bisa berbenah diri dan menyadari betapa pentingnya arti sebuah kebersihan. Civitas kampus turut bertanggung jawab atas kebersihan kampus, karena berapapun banyak petugas kebersihan yang ada tidak akan benar-benar menjamin kebersihan. Bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan dan mahasiswanya, tapi dosen dan para staff yang ada juga turut bertanggung jawab.

Bahkan menurut ahli kesehatan, polusi sampah dapat mengakibatkan dampak buruk yaitu terhadap kesehatan. Hal ini bisa mengakibatkan meningkatnya penyakit infeksi saluran pencernaan, kolera, tifus, disentri, dll karena faktor pembawa penyakit tersebut, terutama pada lalat dan kecoa.

Tahukah Anda bahaya kantong plastik bagi lingkungan hidup ?

Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Ini adalah sebuah waktu yang sangat lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Masalah lingkungan kampus adalah masalah kita bersama yang harus kita jaga kebersihannya. Jangan menunggu lingkungan rusak dan merugikan kita bersama.

Ayo Gerak dan Wujudkan Green & Clean Kampus bebas dari SAMPAH ! Smile

Jangan lupa SHARE ...dan... SUBSCRIBE !!

 

Back Home

Hubungi Kami

    Alamat:
    Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143
    Jawa Barat Indonesia
    · Tlp: 0251-8312206, 0251-8380137
    · Fax: 0251-8356927
    · Email: rektorat[at]unpak.ac.id

Links Terkait

    E-Journal

    E-Learning

    Perpustakaan

    International Office