LPM - Universitas Pakuan

LPM

Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM)

Sejarah Singkat Lembaga Pengabdian pada Masyarakat

Salah satu dharma perguruan tinggi adalah pengabdian pada masyarakat, hal ini mengisyaratkan bahwa tugas perguruan tinggi antara lain adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan seoptimal mungkin.

Program pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dengan cara meman-faatkan dan menerapkan hasil penelitian maupun hasil pendidikan perguruan tinggi. Pengabdian pada masyarakat dikembangkan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, pelayanan kepada masyarakat, pengembangan wilayah kaji tindak (Action Research) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Program pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dengan menganut asas kelembagaan, asas ilmu amaliah, dan amal ilmiah, asas kerjasama, asas kesinambungan, serta asas edukatif dan pengembangan.

Khalayak sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada dasarnya adalah masyarakat di luar kampus yang merupakan mitra kerja perguruan tinggi untuk menerapkan Ipteks dalam rangka menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dalam pelaksanaannya di lapangan, yang dapat menjadi khalayak sasaran dapat dipilah dalam :

a) Khalayak sasaran perorangan
b) Khalayak sasaran kelompok
c) Khalayak sasaran komunitas
d) Khalayak sasaran lembaga

Cakupannya meliputi :

a) Masyarakat perkotaan atau pedesaan
b) Masyarakat industri atau agraris
c) Pemerintah maupun swasta


LPM UNPAK berdiri sejak tahun 1980 dalam satu organisasi dengan Lembaga Penelitian, namun kemudian pada tahun 1986 berdiri sendiri dengan nama Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) UNPAK.
Pada tahun 2003 LPM mengalami restrukturisasi organisasi, sehingga kini LPM UNPAK memiliki empat Pusat Pengabdian, yaitu:

  1. Pusat Kegiatan Sosial, Budaya dan Kuliah Kerja Nyata (KSBK)
  2. Pusat Penyuluhan dan Konseling (PK)
  3. Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan (P3)
  4. Pusat Pembinaan Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM)
NO
JABATAN N A M A
1
Ketua Drs. Sutanto, MSi.
2
Sekretaris Yudhia Mulya, MM.,SE.
3
Diklat Penyuluhan KKN Drs. Sumardi, M.Pd.
4
Pembinaan UMKM dan Kewirausahaan Sri Hidayati Ramdhani, MM., SE.
5
Informasi Hukum, Sosial dan Budaya Hari Nur Arif, SH.,MH.

Tujuan dan Sasaran :

Mengamalkan ipteks yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi secara melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat (termasuk yang tidak terjangkau oleh program pendidikan formal) yang membu-tuhkannya dalam upaya menyukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia pembangunan.


VISI dan MISI LPM

Visi

LPM Unpak sebagai institusi untuk mengabdikan dan mewujudkan kualitas kecendikiaan sivitas akademika kepada masyarakat.

Misi

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas fikir, kualitas karya, kualitas kerja, dan kualitas hidup masyarakat.


Program Kerja LPM Universitas Pakuan

Tahapan Program :

- Program Jangka Pendek

  1. Mengadakan inventarisasi berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik di tingkat Universitas maupun Fakultas.
  2. Mengadakan monitoring dalam rangka pengumpulan informasi intern sehubungan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengadakan hubungan kerjasama dengan sesama Lembaga yang sama baik pemerintah maupun swasta dan/atau Lembaga Swadaya Masyarakat.
  4. Membantu menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah, simpo-sium, seminar, penataran, pelatihan, penyuluhan lintas sektoral, baik yang diselenggakan sendiri maupun melalui kerjasama dengan instansi lain dalam rangka peningkatan misi Lembaga.

- Program Jangka Panjang

Membantu usaha-usaha pengembangan fakultas, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai ciri khas kegiatan perguruan tinggi

Hal-hal lain yang belum cukup atau belum sama sekali dicantumkan dalam program ini akan ditambahkan kemudian pada waktu yang diperlukan sesuai kebutuhan.


PUTIK ©2014

 

Back Home

Contact Info

Alamat:
Jl. Pakuan PO Box 452  Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia
Telepon:

0251 - 8312206, 0251 - 8380137
Fax:
0251 - 8356927
Email:
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Official Fan Page Unpak